Holtipark Loteng Terus Ditata

Lalu Iskandar

LOTENG, PILAR NTB.com-
Holtipark Lombok Tengah di Kecmatan Batukliang Utara (BKU) terus ditata. Tahun ini, Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) membngun taman di pintu masuk holtipark yang kini sudah banyak dikunjungi warga. Tidak hanya dari Lombok Tengah, pengunjung geopark juga berasal dari luar daerah. Iskandar optimis taman tersebut nantinya bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke holtipark.
Nantinya, pengelolaan holtipark akan diserahkan kepada pemerintah desa dan masyarakat setempat. Mulai dari parkir, karcis dan lainnya akan dikelola sepenuhnya oleh masyarakat.
Selain pembangunan taman, tahun depan juga akan dimulai program pengayaan tanaman di kawasan holtipark. Pengayaan tanaman akan dilakukan pada lokasi yang banyak mati. Adapun jenis tanaman yang akan sikembangkan diantaranya kopi, durian, jambu kristal, manggis dan tanaman produktif lainnya.
Tidak itu saja, pihaknya berencana membangun rumah pohon, pusat kuliner. Semua diharapkan menambah daya tarik holtiark sebagai salah satu destinasi wisata. “Dalam waktu dekat kami akan bahas hal ini dengan pemerintah desa dan masyarakat setempat. Kami berhatap masyrakat bisa bereran aktif menjaga dan mengatur pengelolaan holtipark dengan baik,” kata L.Iskandar di ruang kerjanya.
Agar berjalan maksimal, pihaknya berharap rogram-program tersebut juga mendapat dukungan dari DPRD, terutama dalam hal penganggaran. Sebab tanpa adanya interevnsi anggaran, program-program tersebut tidak akan bisa direalisasikan.” Intinya kalau tidak ada uang semua ini hanya akan jadi wacana. Jadi kami minta kerjasamanya,” pungkasnya.(dar/p1)

Beri rating artikel ini!