banner 728x90

MIN 2 Loteng Buka Tahfiz Al Qur’an

LOTENG,PILARNTB.com – Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Lombok Tengah membuka ekstra kurikuler  Tahfiz  Al Qur’an. Tahfiz diikuti  siswa kelas III sampai dengan VI.

“Ini sebagai langkah kita dalam membentuk karakter siswa sejak dini,” kata Kepala MIN 2 Loteng, Mahruf, M.PDI  di ruang kerjanya, Selasa (17/09/2019).

Sebagai motivasi, pihaknya menyiapkan hadiah berupa sepeda. Sesuai jadwal, siswa diwajibkan menyetor  hafalan sebanyak dua kali dalam seminggu. Dari puluhan siswa yang mengikuti kegiatan tersebut, beberapa diantaranya sudah menghafal 1  sampai 2 jus.

“Memang hadiahnya tidak seberapa, tapi ini sangat epektif “merangsang” minat siswa,” terangnya.

Kegiatan tersebut, lanjut Mahruf   didukung penuh  masyarakat, khususnya  wali murid. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya orang tua yang ikut membimbing anaknya di rumah.

“Banyak orangtua yang juga ikut menghafal Al Qur’an,” tuturnya.

Menurutnya, Tahfiz Al Qur’an sangat epektif dalam membentuk  akhlak  Jika anak sudah dekat dengan Al Qur’an, tentu akhlaknya juga akan bagus. Jika  akhlaknya sudah bagus, ototmatis akademiknya akan membaik.

“Untuk guru pembimbingnya kita libatkan guru bidang agama dan dimotivasi juga oleh wali kelas masing-masing. Karena setiap hari mereka diwajibkan membaca 1 ayat sebelum mulai belajar,” ujarnya.

Oleh sebab itu, melalui kegiatan ini pihaknya berharap kedepan bisa mencetak  generasi-generasi emas di bidang tahfiz. Selain itu juga, siswa juga memiliki modal awal untuk melanjutkannya ke MTs. Karena usia dini merupakan moment yang tepat untuk membiasakan anak dalam menghafal Al Qur’an. (luk/p05)

Beri rating artikel ini!