banner 728x90

Ratusan Kasek se Loteng Ikuti Diklat

Diklat Tingkat I Lombok Tengah di Mataram

PILARNTB.com – Peningkatan kompetensi kepala sekolah terus diupayakan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Lombok Tengah. Salah satunya dengan rutin mengadakan pelatihan.
Kali ini, kepala sekolah se Lombok Tengah mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) tingkat I dari tanggal 2 sampai 9 Oktober 2019 di Seme Hotel Mataram.
Kepala Disdik Kabupaten Lombok Tengah, H.Sumum, M.Pd menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan kerjasama Disdik dengan Nuniversitas Nahdlatul Ulama (UNU) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).
Tujuannya untuk memberikan pembekalan kepada kepala sekolah yang sudah menjabat agar lebih cakap dalam menata sekolah yang mereka pimpin.
Dikatakan H.Sumum, selama delapan hari 160 kepala sekolah jenjang SD dan SMP se Lombok Tengah diberikan pelatihan seputar tugas pokok dan fungsinya. Sehingga diharapkan memiliki kompetensi yang baik dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya sesuai dgn 8 Standar Nasional Pendidikan (SMP). Yakni standar kompetensi lulusan, Isi, standar proses , pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan pendidikan, pembiayaan dan standar penilaian pendidikan.
Diklat tersebut juga untuk mendapatkan Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS). Hal ini menjadi keharusan. Sebab kedepan jika kepala sekolah tidak memiliki NUKS maka dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tempat kepala sekolah tersebut bertugas tidak akan diberikan.
Karena manfaatnya yang begitu besar, kedepan pihaknya berharap kegiatan seperti ini bisa terus dilakukan. Tidak hanya kepala sekolah, tapi seluruh jajaran pendidikan. Mulai dari guru, operator sekolah dan lainnya.
“Kegiatan ini sangat positif. Kalau kemampuan kepala sekolah dan guru-guru kita terus diasah, pendidikan kita akan semakin baik,” pungkasnya. (dar/p01)

Beri rating artikel ini!