Reses Perdana, Bajang Bagus Siap Kawal Aspirasi Masyarakat

LOTENG,PILARNTB.com–Kegiatan reses perdana anggota DPRD Kabupaten Lombok Tengah periode 2019-2022 telah berakhir.

Pada kegiatan reses ini para anggota dewan langsung dihadapkan dengan segudang persoalan masyarakat. Seperti yang dialami anggota DPRD Dapil III (Pujut-Praya Timur), Adi Bagus Karya.

Kepada wartawan, politisi muda Partai Demokrat tersebut menuturkan, selama kegiatan reses pihaknya mengaku menerima keluhan dan aspirasi yang beragam. Diantaranya, perbaikan akses jalan menuju spot pariwisata, pembuatan jalan usaha tani, irigasi, bantuan hand traktor, pembuatan sumur bor, pakaian adat, seragam olahraga, pembinaan pemuda dan lain-lain.

Ia menjelaskan, dalam ketentuan reses dilakukan di 6 titik. Tapi banyaknya permintaan masyarakat, lokasi reses bertambah menjadi belasan titik.

Banyaknya permintaan reses dari masyarakat, menurutnya sangat wajar. Mengingat konstituen pada anggota dewan tersebar di dua kecamatan dengan persoalan yang berbeda-beda. Ditambah lagi kerinduan masyarakat terhadap para aggota dewan yang telah mereka amanatkan pada Pemiliihan Legeslatif (Pileg) beberapa waktu lalu, juga menjadi factor banyaknya permintaan reses.

“Ini memang sudah tugas kami. Apapun aspirasinya selama itu untuk kebaikan masyarakat wajib kami perjuangkan,” tegasnya.

Uniknya, reses politisi muda ini yang akrab disapa Bajang Bagus ini berbeda dengan anggota dewan kebanyakan. Jika yang lain selalu mengadakan reses secara formal, Adi Bagus Karya menjalankannya  justeru secara sederhana, salah satunya dengan menggelar pertemuan di pinggir pantai. “ Beberapa titik reses saya sengaja lakukan di tempat terbuka. Mungkin dengan cara ini pikiran lebih fresh dan masyarakat lebih leluasa menyampaikan keluhannya,” jelasnya.

Sesuai aturan, aspirasi yang diperoleh selama masa reses akan dilaporkan melalui sidang paripurna. Kemudian ditindaklanjuti oleh pemerintah daerah selaku eksekutor program.

”Tugas kami selanjutnya adalah mengawal usulan masyarakat,” pungkasnya. (dar/p01)