banner 728x90

Guru MTsN 1 Loteng Diberikan Pembinaan

LOTENG, PILARNTB.com-Pembinaan Aparatur Sipil Negara (ASN) terus dilakukan Kementerian Agama (Kemenag) Lombok Tengah.
Kamis (14/11/2019), puluhan guru Madrasah Tsanawiah Negeri (MTsN) 1 Lombok Tengah diberikan pengarahan oleh Kepala Kemenag Lombok Tengah, H.Jalalussayuti. Kegiatan pembinaan dilaksanakan di MTs Saadatuddarain Praya.
Pembinaan yang diberikan meliputi peningkatan kinerja, mutu pendidikan sampai dengan pola pengawasan.
Dalam arahannya, H.Jalalussayuti mengatakan, ASN memiliki peran penting dalam mewujudkan reformasi birokrasi berbasis kinerja, tidak terkecuali di lingkup Kementerian Agama. Karena bagaimanapun juga, ASN merupakan elemen yang harus melaksanakan fungsinya secara maksimal. Yakni dalam menjalankan fungsi perencana, pelaksana dan pengawas penyelenggaraan tugas umum pemerintahan dan pembangunan nasional. Yakni melalui pelaksanaan kebijakan dan pelayanan publik yang profesional, bebas dari intervensi politik serta bersih dari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme.
Namun, kata H.Jalalussayuti, menciptakan ASN yang profesional tidak semudah membalikkan telapak tangan, melainkan memiliki banyak tantangan. Terutama dengan banyaknya berbagai permasalahan yang sering muncul di dunia pendidikan. Sehingga  perlu dilakukan upaya pembinaan ASN secara berkelanjutan. Dengan harapan bisa memberikan penyegaran dan meningkatkan semangat ASN dalam memberikan pelayanan prima.Terlebih lagi jika ASN yang dimaksud adalah ASN di lingkup pendidikan madrasah.
“Pembinaan ini juga merupakan upaya kita dalam merefresh semangat jik ada ASN yang mulai kendor dalam menjalankan tugas,” jelasnya
Di akhir penymapaiannya, H. Jalalussayuti menegaskan komitmennya untuk terus berkomunikasi dengan beberapa stakeholder guna memberikan apresiasi kepada setiap peserta didik atau pendidik yang terus menunjukkan peningkatan pada kompetensi mereka. Hal ini dilakukannya untuk memastikan bahwa para guru madrasah mendapatkan penghargaan yang layak, sehingga tidak berkecil hati menjadi bagian dari keluarga besar kementerian agama.
“Kita berharap ASN di lingkup MTs Negeri 1 Lombok Tengah memiliki disiplin dan dedikasi yang tinggi,” pungkasnya.
Sementara itu, Kepala MTsN 1 Lombok Tengah, Nasruddin Mansyur berharap bimbingan yang diberikan Kepaka Kantor Kemenag dapat meningkatkan kinerja dan kekompakan para guru.
Pihaknya pun berjanji akan tetap istioqmah dan saling mengingatkan dalam kebaikan dan peningkatan mutu pendidikan di MTsN 1 Lombok Tengah.
Ia menambahkan, peningkatan kinerja ASN sebanding dengan upaya pemerintah yang telah menggelontorkan dana tunjangan kinerja atau sertifikasi untuk para pendidik di Kementerian Agama.” Rasa syukur atas perhatian pemerintah harus kita aplikasikan dengan peningkatan kinerja,” harapnya.
Pantauan wartawan, kegiatan pembinaan berjalan lancar. Pada kegiatan tersebut diberikan beberapa berita gembira untuk peserta pembinaan madrasah. Antara lain, akan adanya program umroh gratis bagi guru non-PNS yang memiliki inovasi dan kontribusi bagi madrasah tempatnya mengabdi. Cukup dengan mengirim formulir data diri dan inovasi yang dilakukan, pendidik terpilih akan diberikan hadiah Umroh Gratis oleh mitra Kemenag Lombok Tengah. Tidak hanya guru, siswa yang berprestasi dalam tahfiz Al-Qur’an dan memiliki sertifikat juara penghafal Al-Qur’an juga akan diganjar dengan beasiswa.(Dar/p01)

Beri rating artikel ini!