banner 728x90

Forum PKBM Ancam Polisikan Dugaan Pungli Bantuan Komputer

LOTENGPILARNTB.com – Pembagian komputer untuk PKBM menuai persoalan. Diduga, pembagian disertai dengan pungutan liar oleh oknum di Dinas Pendidikan (Disdik) Lombok Tengah.
Ketua Forum PKBM Lombok Tengah, Saiful Muslim, menuturkan, sebanyak delapan PKBM diberikan bantuan komputer. Bantuan komputer tersebut bersumber dari APBD Lombok Tengah. Yang mana PKBM penerima bantuan adalah yang sudah terakreditasi. Namun faktanya, droping terkesan dilakukan secara diam diam. Parahnya, karena penyaluran bantuan tidak disertai transport dan dana instaling, penerima bantuan dipungut biaya sekitar Rp 6 juta per PKBM. Informasi yang ia terima, pungutan dikoordinir salah seorang pengurus PKBM di Kecamatan Batukliang Utara (BKU). Selanjutnya dana yang terkumpul diberikan kepada salah seorang staf Bidang PAUD dan Dikmas pada Disdik Lombok Tengah.
Pihaknya mengancam akan melaporkan persoalan ini ke Polres Lombok Tengah, sehingga kejadian serupa tidak terulang lagi karena hanya akan merusak dunia pendidikan.
Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Lombok Tengah, H.Sumum mengaku tidak tahu menahu terkait persoalan tersebut.
Dikatakan H.Sumum, pihak dinas tidak pernah memerintahkan siapapun untuk melakukan pungutan dalam bentuk apapun. Kalaupun ada temuan di lapangan, sepenuhnya merupakan kasus perorangan yang tidak ada kaitannya dengan dinas. Terkait hal tersebut pihaknya mengaku tidak akan mentolerir jika ada staf atau pejabat Disdik yang berani bertindak di luar ketentuan di Dinas Pendidikan.
” Semoga tidak ada. Kalau ada tentu kami akan mengambil tindakan tegas,” pungkasnya. (dar/p01)