banner 728x90

Kades Batunyala Ancam Sikat Oknum yang Berani Selewengkan Dana Bantuan Covid-19

H.Zaunudin

LOTENG,PILARNTB.com – Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Covid-19 mendapat perhatian khusus dari Pemerintah Desa Batunyala Kecamatan Praya Tengah.
Kepala Desa Batunyala, H.Zainudin mengatakan, setiap tahapan penyaluran BLT covid-19 akan diawasi ketat. Penentuan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) diseleksi secara ketat oleh para kepala dusun.
Penerima bantuan diprioritaskan bagi warga yang benar-benar miskin dan tidak terakomodir bantuan pemerintah pusat, provinsi maupun kabupaten.
Lebih lanjut ia menjelaskan, jumlah KPM yang terdaftar di Basis Data Terpadu (BDT) sebanyak 1.214 KPM. Sementara jumlah yang bisa diakomodir melalui bantuan Kementerian Sosial, Provinsi dan Kabupaten sebanyak 1.212 KPM. Artinya hanya dua KPM yang belum terakomodir dan akan diupayakan melalui Dana Desa (DD).
Adapun jumlah BLT yang bersumber dari DD sebanyak 278 KPM. Masing-masing KPM akan menerima jatah Rp 600 ribu per bulan selama tiga bulan kedepan.
Lebih lanjut ia menjelaskan, nominal bantuan tidak bisa dirubah dengan alasan apapun. Dalam hal ini pihaknya mengingatkan para kepala dusun dan para pihak terkait lainnya agar tidak melakukan bagi rata apalagi sampai memotong bantuan warga. Jika ada pihak-pihak yang etrbukti menyelewengkan dana BLT covid-19, mantan anggota TNI Kodim 1620 tersebut mengaku tidak segan-segan menyeret pelaku ke aparat penegak hukum.
“Jangan bermain api dalam masalah kemanusiaan seperti sekarang ini. Siapapun itu kalau terbukti menyelewengkan dana covid-19 akan kami sikat,” tegasnya.
Untuk itu ia mengajak masyarakat agar tetap tenang dan mendukung kebijakan pemerintah desa. Yang jelas kata H.Zainudin, segala kebijakan yang diambil pemerintah desa semata mata untuk kebaikan masyarakat tanpa ada kepentingan pribadi atau golongan tertentu. (Dar/p01)