banner 728x90

Anggaran Dipangkas, Seleksi Paskibraka Jalan Terus

H.Syamsuddin

LOTENG,PILARNTB.com – Seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) merupakan kegiatan rutin di Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Lombok Tengah.
Ratusan juta rupiah dianggarkan setiap tahun untuk mendanai rangkaian kegiatan selama seleksi. Namun akibat pandemi covid-19, sebagian anggaran seleksi Paskibraka terpaksa dipangkas.
Kepada wartawan, Rabu (06/05/2020), Kepala Bidang Pemuda, H.Syamauddin menjelaskan, sejumlah item kegiatan seleksi Paskibraka tahun ini dikurangi. Misalnya pemusatan latihan yang sebelumnya dilaksanakan di hotel selama dua belas hari, dikurangi menjadi empat hari. Begitu juga anggaran tour ke luar daerah, ditiadakan dan masih banyak lagi item kegiatan lain yang dialihkan untuk penanganan covid-19.
Kendati demikian, tahapan seleksi tetap berjalan. Pengurangan anggaran dan perubahan jadwal tidak menurunkan semangat para Paskibraka dan jajaran Dispora. Sebagaimana komitmen awal, seleksi Paskibraka tetap diprioritaskan walaupun dalam kondisi sulit seperti sekarang ini.
Ia menjelaskan, saat ini tiga Pasukan Pengibar Bendera (Paskibraka) Lombok Tengah, lolos ke tingkat provinsi.
Dalam waktu dekat tiga Paskibraka tersebut akan mendapat pembekalan dari Pemerintah Provinsi NTB. Diharapkan tiga putra putri terbaik Lombok Tengah tersebut bisa dipercaya mengibarkan sang saka di istana negara tanggal 17 Agustus mendatang.
Sementara untuk tingkat kabupaten pihaknya telah berhasil menseleksi tiga puluh Paskibraka.
Untuk itu ia mengimbau para pelatih maupun Paskibraka agar tetap semangat menjalani seluruh tahapan yang ada. Dengan tekad yang kuat pihaknya optimis mampu menyelesaikan tugas ini dengan baik. (Dar/p01)