Sekda Tinjau Pengerjaan Jalan Antar Kabupaten di Desa Bilebante

Kadus Karang Ide I (dua dari kiri) saat mendampingi Sekda, HM.Nursiah meninjau pembangunan jalan di wilayahnya

LOTENG,PILARNTB.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Lombok Tengah, HM.Nursiah, Selasa (04/08/2020) meninjau pembangunan jalan antar kabupaten di Dusun Karang Ide I, Desa Bilebante Kecamatan Pringgarata.

Kedatangan orang nomor tiga di Lombok Tengah tersebut didampingi Kasi Sarana dan Prasarana (Sarpras) Dinas Pendidikan, Makbul Ramen,S.Pd.

Dalam kunjungan tersebut, Sekda melihat pengerjaan ruas jalan sepanjang 150 meter yang menghubungkan Desa Bilebante dengan Tanak Beak, Kecamatan Narmada tersebut.

Pantauan wartawan, kunjungan dadakan tersebut mendapat sambutan hangat warga setempat.

Penuturan warga, jalan tersebut kerap dilalui warga. Namun karena letaknya yang cukup terpencil membuatnya tidak banyak diketahui.

Sehari hari, warga dari Lombok Barat maupun Bilebante lalu lalang di ruas jalan yang melintasi Sungai Babak tersebut. Mulai untuk mengangkut hasil-hasil pertanian dan keperluan lainnya. Termasuk beberapa siswa asal Bilebante yang bersekolah ke Tanak Beak, juga memanfaatkan jalan setapak tersebut. Sayangnya, beberapa tahun lalu sebagian badan jalan longsor sehingga menyulitkan pengguna jalan.

Karena dianggap cukup vital, warga dan kepala dusun setempat kemudian berinisiatif memperbaiki ruas jalan tersebut secara swadaya.

Kepada wartawan, Sekda mendukung penuh pengerjaan jalan tersebut. Menurutnya, inisiatif warga Karang Ide I patut dicontoh. Terlebih ruas jalan yang dikerjakan saat ini merupakan penghubung antar kabupaten yang menurutnya sangat layak mendapat perhatian serius.

Dikatakan Sekda, kunjungannya tersebut berawal dari penuturan salah warga yang menginformasikan bahwa di Dusun Karang Ide I terdapat jalan penghubung antar kabupaten yang selam ini tidak pernah diperhatikan. Sehingga pihaknya memutuskan untuk melihat langsung dan membuktikan informasi yang ia terima.

” Saya penasaran. Ternyata benar ada ruas jalan yang sangat penting tapi luput dari perhatian pemerintah,” kata Sekda.

Pihaknya berjanji akan memprioritaskan ruas jalan tersebut. Bahkan ia berharap agar badan jalan diperlebar sehingga bisa dilalui kendaran roda empat.

Jika ditata dengan baik, pihaknya meyakini ruas jalan tersebut bisa menjadi salah satu akses yang mampu menopang perekonomian masyarakat.

” Saya harap jalan ini dikerjakan maksimal,” harapnya.

Hal sama juga diungkapkan Kasi Sarpras Disdik Lombok Tengah, Makbul Ramen. Menurutnya, hal ini harus diprioritaskan untuk memudahkan warga, terutama siswa yang setiap hari melewati
ruas jalan tersebut. “Nanti kami juga akan ikut membantu,” janjinya.

Sementara itu Kadus Karang Ide I, Dalaah, mengapresiasi kedatangan Sekda ke wilayahnya.

” Kami tidak menyangka di tengah kesibukannya pak Sekda mau berkunjung ke tempat kami. Semoga ini bisa membawa barokah dan menambah semangat kami,” harapnya.

Dalaah menuturkan, kondisi jalan tersebut sebenarnya sering disampaikan ke pemerintah desa, namun tidak pernah direspon. Sehingga warga memutuskan untuk mengerjakannya secara swadaya.

” Kedepan kami berharap Dusun Karang Ide 1 lebih diperhatikan,” harapnya. (dar/p01).