Lantik Pengurus di Loteng, MES Komitmen Bebaskan Masyarakat dari Rentenir

LOTENG,PILARNTB.com – Rentenir menjadi momok menakutkan bagi masyarakat.

Niat memperoleh kemudahan, masyarakat yang memakai jasa rentenir sebagi solusi pembiayaan mereka justeru dicekik. Mulai dengan bunga yang tinggi sampai dengan pengembalian uang yang kerap kali dilakukan dengan mengintimidasi nasabahnya.

Terkait hal itu, Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) sebagai salah satu lembaga syariah menawarkan berbagai program untuk mengatasi persoalan yang diakibatkan para lintah darat tersebut. Salah satunya Program Melawan Rentenir Berbasis Masjid (MAWAR EMAS).

Hal itu disampaikan Ketua Umum MES Provinsi NTB, Dr.Mulianah pada acara pelantikan pengurus MES Lombok Tengah di Praya, Selasa (01/09/2020).

Dikatakan Mulianah, dipilihnya masjid sebagai basis program tidak lain sebagai upaya mengembikan dan meningkatkan fungsi masjid. Yang mana masjid yang dibangun megah jangan sampai hanya difungsikan sebagai tempat ibadah, tapi jug bisa dijadikan tempat kegiatan sosial positif lainnya.

Ia menjelaskan, dalam menjalankan program MES menggandeng beberapa bank maupun lembaga pembiayaan resmi lainnya.

Kepengurusan MES saat ini sudah terbentuk dari pusat hingga daerah. Untuk NTB pihaknya telah melakukan konsolidasi di 10 kabupaten/kota se NTB. Namun yang sudah dilantik baru dua daerah yakni Lombok Tengah dan Lombok Timur.

MES, lanjut Baiq Muliamah, adalah organisasi independen yang digerakkan oleh para praktisi maupun akademisi yang memiliki komitmen dan keinginan memajukan ekonomi syariah.

Tujuannya adalah memberikan kontribusi mensyariahkan ekonomi masyarakat dan memasyarakatkan ekonomi syariah dalam kehidupan sehari hari.

Karena sebgai makhluk sosial manusia tidak lepas dari kegiatan transaksi. Tidak kemungkinan transaksi ekonomi yang kita lakukan selama ini mengandung riba atau hak negatif lainnya yang pada akhirnya akan berpengaruh pada kehidupan sehari hari. Sehingga salah satu solusi untuk memurnikan dan memperoleh berkah dari transaksi adalah dengan menerapkan ekonomi syariah.

Di akhir sambutannya, Baiq Mulianah mengajak masyarakat mendukung program yang dijalankan MES. Sehingga masyarakat bisa terhindar dari riba, khususnya para rentenir.

Di akhir acara dilakukan penyerahan rekening tabungan nasabah oleh pengurus MES dan kepala perbankan.

Sementara itu MES Lombok Tengah dipercayakan kepada Sekda Lombok Tengah, Dr.HM.Nursiah. (Dar/p01)