Tingkatkaan Anggaran Hingga Sumbangkan Gaji, Cara PAS Turunkan Angka Kemiskinan

LOTENG – Peninggalan ekonomi dan pengentasan kemiskinan menjadi prioritas Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati nomor 1, Prayatni-Sumum (PAS).

Dalam debat terakhir Senin malam (30/1/2020), Lale mengaku telah merancang berbagai trobosan dalam upaya meningkatkan perekonomian dan pengentasan kemiskinan.

Dantaranya, memaksimalkan CSR perusahaan untuk masyarakat, pemanfaatan aset, mewujudkan APBD tepat sasaran serta membangun sektor-sektor ekonomi baru khususnya di wilayah Utara.

Dengan kewenangan yang dimiliki pihaknya akan meminta seluruh perusahaan yang beroperasi di Lombok Tengah meningkatkan dan mengalokasikan dana CSR nya untuk pengentasna kemiskinan.

Selain itu pihaknya juga akan mengurangi anggaran yang tidak bersentuhan dengan masyarakat. Sebaliknya akan meningkatkan porsi anggaran yang berkaitan dengan program pengentasan kemiskinan. Hal ini juga merupakan salah satu upaya terwujudnya APBD tepat sasaran sebagaimana yang tertuang dalam visi-misi Lombok Tengah Menah Tandur.

Untuk pembangunan ekonomi, akan diupayakan berbasis masyarakat. Sehingga mampu mengurangi pengangguran dan meningkatkan ekonomi masyarakat sekitarnya. Termasuk memastikan harga bahan pokok terjangkau, khususnya bagi masyarakat miskin.

Bahkan cucu bupati Lombok Tengah pertama ini siap menyumbangkan gajinya untuk pengentasan kemiskinan. Nantinya, gajinya akan digunakan untuk membiayai berbagai program atau kegiatan sosial kemasyarakatan.

Sementara itu sebelumnya H.Sumum mengatakan, peningkatan ekonomi tidak monoton dengan membangun infrastruktur. Tapi lebih pada pengembangan sumber daya manusia (SDM).

Sumum memaparkan, untuk membangun kesejahteraan masyarakat di sektor pertanian misalnya. Luas area pertanian masyarakat Lombok Tengah cukup menjanjikan. Cuma saja, lahan garapan petani tak maksimal dilakukan. Petani hanya bisa menggarap lahannya semusim saja dalam setahun. Semua ini dipengaruhi sektor sumber daya air dan irigasi yang masih minim.

‘’Nah, kami akan menawarkan kepada petani agar mereka bisa bercocok tanam sepanjang tahun,” ujar Sumum.

Selain itu, Sumum juga berencana membangkitkan ekonomi kepemudaan. Dia berharap, para pemuda akan bisa menghasilkan ekonomi melalui ujung jarinya. Salah satu caranya adalah mengembangkan sektor digitalisasai dengan memperbanyak jaringan internet. Anak muda akan dapat mencari uang melalui kamar tidurnya melalui kreativitas usahanya. ‘’Dan ini yang harus ditangsang. Kita sudah menyiapkannya,’’ ujarnya.
Tak cuma itu, ekonomi kerakyatan ini juga perlu dibangkitkan melalui kaum perempuan. Sebab, berdasarkan penelitian pakar, konflik di tengah masyarakat itu terjadi karena ekonomi perempuan. ‘’Untuk membangkit ini semua, tentu kita akan manfaatkan para pakar dari Lombok Tengah. Sekarang mereka hanya berkreasi di luar, di daerah mereka belum pernah karena mereka tidak pernah dipulangkan,’’ ujar Sumum.

Dengan demikian, maka kesejahteraan ekonomi kerakyatan akan bisa digapai. Di samping itu, peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) juga perlu digenjot. Salah satunya adalah dengan menutup kebocoran PAD yang terjadi selama ini. Tetapi, semuanya masih memerlukan pengkajian di mana letak kebocoran tersebut. Mengingat begitu banyak sumber PAD Lombok Tengah selama ini. ‘’Dengan langkah-langkah ini, maka pengentasan kemiskinan akan dilakukan. Kami yakin, kalau kami terpilih maka dalam waktu empat tahun, kemiskinan itu akan mampu kita tekan hingga 9 persen,’’ tandasnya.

Karena itu, Sumum meyakinkan timnya untuk terus berjuang. Tidak boleh ada yang ragu, apalagi sampai lemah. Karena kemenangan itu sangat dekat paslon PAS. (Dar)